Belajar Digital Marketing


Kamu sedang mencari tahu apa itu virtual advertising and marketing? Atau kamu sudah sempat baca sana-sini dan masih belum menemukan pengertian virtual advertising yang mudah untuk dipahami? Memang digital marketing adalah sebuah istilah yang sering ditemukan di technology serba on-line ini. Karena luasnya cakupan virtual advertising and marketing, mungkin kamu mengalami sedikit kesulitan untuk belajar virtual advertising dengan cara yang efisien. 

Pada artikel ini, kamu akan menemukan informasi lengkap untuk belajar virtual marketing dengan penjelasan yang mudah dipahami, bahkan jika kamu belum memiliki pengalaman sama sekali. Lalu, apa saja yang akan kamu pelajari pada academic virtual marketing ini? Cek daftar isi di bawah ini, ya! Baca Juga: Panduan Lengkap untuk Membuat Twitter Ads Apa itu Digital Marketing? Digital advertising adalah upaya yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau bisnis untuk memasarkan produk mereka melalui internet dan berbagai bentuk media komunikasi digital lainnya. 

Media komunikasi digital yang dicakup dalam virtual advertising meliputi electronic mail, website, media sosial, iklan berbasis internet, video, gambar, dan bentuk konten digital lainnya. Dengan kata lain, pengertian digital advertising dapat juga disimpulkan sebagai bentuk advertising yang melibatkan media komunikasi digital. 

Mengapa Digital Marketing itu Penting? Dalam dunia bisnis, semakin banyak orang yang mengetahui tentang usahamu, maka semakin cepat pula bisnismu memperoleh transaksi. Digital marketing memiliki peranan penting dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui metode yang lebih praktis dibandingkan metode pemasaran tradisional. 


Selain mempermudah perluasan pasar, virtual advertising and marketing juga dapat membantu sebuah bisnis untuk selalu mendapatkan dengan sistem promosi pasif. Dalam sebuah laporan milik HubSpot, Google diperkirakan memproses sixty three ribu pencarian setiap detik. Popularitas mesin pencari dalam kehidupan kita sehari-hari dapat menjadi sumber penjualan pasif bagi bisnis-bisnis yang dapat meraih peringkat pertama dalam hasil pencarian Google tersebut. 

Maka dari itu, sebagian besar perusahaan saat ini berlomba-lomba untuk menempatkan website mereka di urutan pertama hasil pencarian untuk kata kunci yang diinginkan. Manfaat Digital Marketing bagi Bisnis Sebelum technology media sosial dan device, sebuah bisnis baru akan memfokuskan sebagian besar usahanya untuk menarik beberapa pelanggan pertama agar produk mereka terjual. 

Namun di era serba virtual ini, seventy five% orang berbelanja barang on-line setiap bulannya. Selain itu, survei dari Think with Google juga menunjukkan bahwa 63% proses pembelian barangn saat ini dimulai dari pencarian informasi terkait produk tersebut secara online. Apabila kedua statistik tersebut masih kurang meyakinkan kamu untuk memulai digital marketing, berikut adalah beberapa alasan mengapa digital advertising sangat penting bagi sebuah bisnis.

  1. Membantu Menjangkau Target Audience Sebagian besar goal pelanggan yang kamu incar dapat dijangkau secara online baik melalui media sosial atau kontak pribadi (e-mail & WhatsApp). Ditambah lagi, saat ini sebagian besar aktivitas juga dapat dilakukan secara online baik itu dalam lingkup pekerjaan atau kehidupan sehari-hari. Nah, hal inilah yang menjadi salah satu faktor utama mengapa bisnis kamu butuh digital advertising and marketing. Apabila goal pelangganmu sudah on line, namun bisnismu masih menggunakan metode tradisional, maka kemungkinan besar deliver dan demand tidak akan pernah bertemu.
  2. Mempercepat Pertumbuhan Bisnis Menggunakan saluran digital untuk pemasaran sangat membantu percepatan perkembangan bisnis karena sifatnya yang tidak perlu media fisik seperti brosur, baliho, atau banner. Selain itu, seluruh materi pemasaran dapat disebarkan ke seluruh dunia hanya dengan beberapa klik saja. Adanya outlet untuk menyebarkan materi pemasaran seperti media sosial dan search engine juga menghilangkan keharusan sebuah bisnis untuk menyebarkan brosur atau memasang baliho di region high-visitors. Dengan demikian, bisnis tersebut dapat memfokuskan usahanya untuk mengembangkan aspek lain dan mempercepat pertumbuhannya.
  3. Mempermudah Evaluasi Strategi Salah satu keunggulan terbesar digital advertising jika dibandingkan dengan metode konvensional adalah kemudahan dalam mengevaluasi hasil pemasaran. Kamu dapat memonitor secara langsung banyaknya orang yang dijangkau, rata-rata durasi baca/tonton konten, dan persentase konversi yang dihasilkan. Dengan adanya information aktual dan akurat, maka kamu dapat mengevaluasi strategi tersebut secara lebih efektif. Kamu dapat menentukan mana saja strategi yang berhasil dan mana yang perlu diperbaiki lagi tanpa perlu menerka-nerka penyebabnya.
  4. Mengurangi Biaya Pemasaran Jika dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional, finances yang diperlukan untuk digital advertising jauh lebih terjangkau dan efisien. Maka dari itu, forty% ahli pemasaran berpendapat bahwa content material advertising merupakan salah satu komponen terpenting dalam strategi advertising mereka.
  5. Membangun Citra Bisnis di Dunia Digital Sebagian besar perusahaan juga menggunakan digital advertising sebagai sebuah metode untuk membangun karakter atau personality perusahaan mereka. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memanusiakan sebuah perusahaan agar pelanggan lebih tertarik untuk berinteraksi, yang tentunya dapat meningkatkan loyalitasnya. 
Netflix Indonesia adalah salah satu contoh perusahaan yang menerapkan manfaat digital marketing ini di media sosial mereka. Pada dasarnya ada 9 kategori yang termasuk ke dalam virtual advertising. Berikut adalah masing-masing kategorinya beserta penjelasannya! 
  1. Website Digitisasi segala bentuk bisnis merupakan sesuatu yang sudah dianggap wajib pada technology serba on-line ini. Langkah pertama yang dilakukan seorang pengguna untuk mencari barang yang mereka inginkan adalah dengan mencari toko online yang menjualnya. Berdasarkan statistics dari Statista, sebanyak 
  2. 1 miliar orang diperkirakan akan berbelanja online selama tahun 2021. Angka ini bertambah dari 1.66 miliar orang yang berbelanja barang daring di tahun 2016. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, maka tak heran jika sebuah website merupakan kebutuhan primer yang wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan. 
Dengan memiliki internet site, perusahaan akan meningkatkan visibiltas produk mereka di dunia virtual. Selain itu, internet site juga dapat membantu perusahaan kecil-menengah untuk mempercepat laju pertumbuhan bisnisnya. SEO itu sendiri adalah upaya untuk mengoptimasi internet site agar memperoleh peringkat tinggi pada hasil pencarian di Google atau mesin pencari lain.


Tujuannya tentunya meningkatkan visibilitas dan visitors website, sehingga perusahaan lebih berkembang melalui sektor virtual. search engine marketing sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu On-Page search engine marketing dan Off-Page search engine optimization. 

On-Page SEO adalah langkah-langkah optimasi konten yang ada pada sebuah halaman (seperti gambar, video, pilihan font, dsb), sedangkan off-page search engine marketing adalah optimasi aspek ‘di balik layar’ seperti peningkatan kecepatan website, improve server, dsb. Mengingat internet site adalah salah satu komponen utama dalam membangun identitas brand secara on-line, ada baiknya kamu mempelajari tentang cara membuat website untuk usahamu sendiri. 

Search Engine Marketing (SEM) SEM adalah cara meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP). Berbeda dengan search engine optimization yang berfokus kepada peningkatan performa organik, SEM mengutamakan hasil nyata yang diperoleh baik secara organik ataupun berbayar (iklan). 

Hasil pencarian di mesin pencari seperti Google umumnya terbagi menjadi dua sektor: organik dan berbayar. search engine optimization bertujuan untuk mendapatkan hasil teratas pada hasil pencarian organik, sedangkan SEM bertujuan menduduki posisi teratas baik secara organik maupun berbayar. Search Engine Marketing sendiri tidak terbatas pada artikel/konten, bisa saja kamu menargetkan halaman utama (homepage) untuk menduduki posisi teratas pada sebuah key-word. 

Content Marketing Cabang ketiga dalam virtual advertising adalah content advertising. Apa yang dimaksud dengan content material advertising atau pemasaran konten? Sebuah survey dari SEMrush menemukan bahwa sebanyak 84% dari bisnis memiliki strategi content advertising. Content advertising merupakan salah satu cabang dalam virtual advertising di mana sebuah bisnis membuat berbagai macam konten untuk menjangkau dan berinteraksi dengan goal pasarnya.

0 Komentar

Terbaru