Konsultan SEO

Konsultan SEO
Seorang Konsultan SEO yang berkompeten dan berkualitas adalah seorang konsultan seo yang mampu memberikan solusi yang bisa memecahkan permasalahan dalam segala hal yang berkaitan dengan website atau blog anda.

Konsultan SEO dibutuhkan untuk membantu website atau blog anda dibuat dengan benar dan sesuai dengan kaidah-kaidah SEO. Fungsi konsultan SEO adalah memonitor website anda secara berkala, yang pada akhirnya adalah mampu memberikan traffic atau pengunjung yang berpotensi untuk membeli produk atau jasa yang website anda tawarkan.

Dengan menggunakan teknik SEO yang benar, seorang konsultan SEO akan membantu anda dalam mengoptimasi website atau blog anda sesuai aturan dan tahapan yang benar. Dengan memberikan layanan SEO berupa optimasi website atau blog secara onpage maupun offpage dengan standarisasi SEO yang berlaku untuk menentukan target pasar yang potensial.

Penerapan SEO yang baik dan tepat bisa mengoptimalkan website menjadi ‘Top Ten’ di berbagai mesin pencari seperti Google dan Yahoo!, Mendapatkan banyak traffic atau pengunjung potensial sehingga mampu meningkatkan keuntungan bagi pemilik website.

Search Engine Optimization, disingkat SEO atau Optimalisasi Mesin Pencari bukanlah upaya satu kali langsung beres. Perubahan bisnis anda, perubahan pesaing anda, perubahan calon pelanggan dan pelanggan serta mesin pencari yang selalu memperbarui aturan adalah segala hal yang berkaitan dengan bisnis online anda. Ini artinya anda akan perlu secara teratur selalu melakukan update konten website dan melakukan tahapan optimalisasi untuk selalu berada pada peringkat yang anda targetkan. Untuk berbagai alasan itulah anda butuh partner SEO yang bisa bekerja sama untuk tujuan akhir sesuai yang anda harapkan.

Konsultan Bisnis Online


Pada dasarnya seorang konsultan SEO yang baik harus menguasai teknik internet marketing yang benar untuk bisa mempromosikan website atau blog anda sehingga mudah ditemukan oleh segmen pasar yang dituju. Biasanya seorang konsultan SEO yang baik dan berpengalaman mau menyelenggarakan pembelajaran internet marketing dalam tajuk seminar atau pelatihan singkat untuk membantu orang-orang yang masih awam mengenai teknik Internet Marketing atau bisnis online.

Teknik membuat website atau blog sekaligus mengoptimasinya harus dilakukan setahap demi setahap dan tidak boleh berlebihan. Dibutuhkan proses yang agak lama dan sedikit rumit untuk membuat website atau blog anda mendapat ‘pengakuan’ atau reputasi baik dan bisa menduduki peringkat yang anda inginkan. Seorang konsultan SEO perlu mengatur strategi untuk tujuan ini.

Konsultan SEO adalah orang-orang yang menggunakan search engine optimization (optimalisasi mesin pencari) untuk menempatkan website atau blog anda di posisi yang baik pada search engine.

Seorang konsultan seo yang berkompeten dengan penguasaan teknik-teknik SEO yang telah diketahuinya harus terus mengembangkan teknik SEO-nya untuk menghadapi persaingan global seperti saat ini. Seorang konsultan SEO dituntut mampu bersaing menurut aturan yang benar dan berkualitas dengan menggunakan teknik-teknik SEO yang benar dan tepat sasaran.

Mengapa Anda Membutuhkan Seorang Konsultan SEO

Karena SEO merupakan sebuah proses yang cukup rumit dengan tahapan-tahapan yang cukup memakan waktu, maka pengetahuan SEO menjadi tantangan bagi anda yang memiliki website atau blog untuk bisa terus mempromosikan usaha atau menjual produk anda melalui dunia maya. Dengan alasan ini pula maka belajar SEO dengan menerapkan teknik SEO yang benar merupakan keharusan bagi pemilik bisnis online. Namun karena terbentur berbagai kesulitan seperti cara membuat konten yang benar, tidak mengetahui teknik pembuatan website atau blog yang tepat sasaran bahkan keterbatasan waktu, atau berbagai alasan lainnya membuat seorang pemilik bisnis online membutuhkan jasa SEO dari seorang konsultan SEO yang diharapkan bisa memberi peran penting dalam kelangsungan bisnis online-nya yang salah satu tugas pentingnya adalah membantu memudahkan proses optimisasi website atau blog-nya. Karena pada dasarnya SEO sedemikian dibutuhkan sebagai kunci pemasaran dalam dunia internet marketing dan bisnis online.

Bisnis online dengan cakupan pasar tidak terbatas dan keuntungan yang tidak sedikit membuat banyak orang terpikat menekuninya, ada yang berhasil meski banyak juga yang gagal. Menjamurnya bisnis online dan seiring perkembangan SEO, membuat kebutuhan akan seorang konsultan SEO mengemuka. Tak sulit mencari Konsultan seo secara online. Dengan tawaran jasa mulai dari 50,000 sampai jutaan bisa ditemukan secara online.

Seorang Konsultan SEO Harus Bisa ....

Yang pasti menurut penulis seorang konsultan SEO harus paham dan mengerti algoritma Google dan mesin pencari kredibel lainnya. Harus tahu algoritma terbaru yang dipakai Google karena sebagian besar orang masih menggunakan Google sebagai mesin pencari yang handal. Dan memahami betul bagaimana cara dan aturan sebuah mesin pencari bekerja. Berdasarkan itulah sebuah website dan blog dirancang dan dioptimasi, karena bagaimanapun juga bila website atau blog anda ingin mendapatkan traffic atau pengunjung yang banyak harus sesuai dengan kaidah-kaidah yang ditetapkan oleh sebuah mesin pencari.

Seorang konsultan SEO yang baik berani memberikan jaminan atau garansi. Garansi yang dimaksud antara lain adalah garansi posisi yang diinginkan atas kata kunci atau keyword di search engine atau garansi uang kembali. Bahkan ada garansi yang memberikan keduanya baik posisi dan uang kembali. Bila terkait posisi maka perlu dipahami betul bahwa hasil pencarian di google atau mesin pencari lain tidak selalu tetap, bisa berubah-ubah.

Perlu diketahui juga apakah konsultan SEO anda pernah mengikuti pembelajaran atau pelatihan SEO bersertifikat atau hanya sekedar mempelajari teknik-teknik SEO via online.

Yang sangat penting diketahui adalah metode dan teknik yang dipakai seorang konsultan SEO adalah apakah White Hat Technique atau Black Hat Technique. White Hat Technique adalah metode yang menggunakan prinsip-prinsip yang benar dan etis yang menggunakan tools organik yang tentu saja legal. Sementara Black Hat Technique adalah metode yang tidak memperhatikan aturan yang etis bahkan curang.

Spesialis seo yang menggunakan metode white hat akan menghasilkan website yang mampu mempertahankan posisinya lebih baik dan lebih lama dibanding black hat. Ini disebabkan karena sebuah search engine mempunyai peraturan-peraturan dalam menentukan hasil pencariannya. Contohnya tidak boleh melakukan spamming. Konsultan SEO yang menerapkan teknik black hat kemungkinan akan melakukan spamming dan teknik curang lainnya. Memang posisi website anda akan langsung melonjak di posisi teratas, namun ini langsung bisa terdeteksi oleh mesin pencari, akibatnya website anda akan langsung di-banned dan bisa langsung hilang begitu saja.

Optimasi website di mesin pencari adalah sebuah proses yang tidak terjadi hanya dalam satu malam, tapi butuh waktu dan upaya. Algoritma mesin pencari, terutama Google, selalu mengalami update dan pembaruan, hari ini mungkin anda cukup beruntung bisa berada di posisi #1 tapi itu bisa saja hanya sementara karena diluar sana pesaing anda juga melakukan hal yang sama dengan mengoptimasi web mereka.

Seorang penyedia jasa SEO mengerti bagaimana mengoptimasi situs anda di mesin pencari secara maksimal. Mereka memahami bahwa website bisnis anda begitu berharga. Karenanya tidak mengerjakan semua proses optimasinya dengan menggunakan software. Mereka mengerti bahwa banyak situs yang mengalami penurunan peringkat secara drastis atau bahkan keluar dari index Google karena menggunakan software-software SEO dengan cara yang salah. Penggunaan software dengan cara yang salah dalam mendapatkan backlinks dapat mengakibatkan sebuah situs dianggap melakukan kegiatan SPAM, yang berujung pada penurunan peringkat yang drastis atau bahkan keluar dari index mesin pencari.

Karenanya seorang konsultan yang baik tidak akan menjanjikan website atau blog anda langsung bisa bertengger di posisi teratas setelah lima menit anda mentransfer uang jasa seo. Seorang konsultan yang baik tidak akan menjanjikan hasil fantastis dalam waktu singkat. Karena mesin pencari tidak akan secepat itu menaruh website anda di posisi teratas tanpa menganalisa melalui robot algoritmanya.

Konsultan berpengalaman selalu melakukan analisa dan peninjauan terlebih dahulu terhadap sebuah proyek website sebelum menyanggupi permintaan klien-nya. Karena ada kasus tertentu dimana ternyata tidak semua website bisa di-SEO-kan. Tetapi, demi mengejar keuntungan, para konsultan SEO yang kurang profesional akan menyanggupi proyek yang ditawarkan meskipun ia mengetahui website anda tidak bisa di-SEO-kan. Seorang konsultan SEO yang baik selalu menyatakan apa adanya tentang kondisi website anda apakah bisa dilakukan SEO atau tidak. Seorang Konsultan SEO juga biasanya memiliki website yang telah di-SEO-kan dan menjadi salah satu yang teratas di mesin pencari.

Dalam dunia SEO, harga tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas. Tawaran harga tinggi bukan jaminan keberhasilan bagi pemilik website atau blog untuk mendapatkan keuntungan dari websitenya. Namun harga yang rendah bukan berarti bahwa kualitas jasa SEO itu tidak baik.

Seorang konsultan SEO yang baik mampu melaporkan perkembangan website anda. Meskipun pemilik website pada umumnya ‘tau beres saja’, para konsultan ini tetap konsisten memberi laporan kepada klien mereka. Apalagi jika website tersebut mengalami kasus tak terduga seperti kerusakan jaringan atau tidak bisa di-SEO-kan.

Seorang Konsultan SEO yang Baik itu ....

Harus memahami kebutuhan bisnis anda dan meluangkan waktu untuk memahami tujuan bisnis anda tersebut. Disebabkan memberikan kuesioner saja tidak cukup. Karena setiap bisnis adalah unik. Berikutnya menentukan langkah-langkah yang akan diambil kemudian. Mereka juga dengan senang hati memberitahukan kepada anda hal-hal apa saja yang perlu dipahami dan perlu dilakukan untuk kemajuan website Anda.

Konsultan SEO yang baik tak hanya menyediakan jasa SEO saja, namun juga memberikan saran dan tips terbaik untuk bagaimana cara mengelola website anda, bagaimana membuat website anda menjadi lebih menarik. Dan tidak menipu dengan mendapatkan traffic dari search engine palsu, menggunakan spyware atau scamware.

Seorang konsultan SEO yang profesional dan berkompeten akan memberikan kepada anda: Analisa detil website, Analisa kata kunci karena semua kata kunci tidak diciptakan sama, memberitahu kepada anda dari mana website anda bisa mulai dikerjakan, Rekomendasi struktur page - content, header, penempatan kata kunci, Submissions Engine, Paid Search, Reciprocal Link – Sebagaimana kata kunci, semua link tidak diciptakan sama.

Selain itu ia juga menawarkan jasa audit web. Sebuah layanan yang tidak umum diberikan oleh konsultan SEO biasa karena pada umumnya seorang penyedia jasa konsultan SEO hanya fokus pada peningkatan trend website saja dan bagaimana meningkatkan traffic web. Audit web adalah website anda akan diberi masukan seharusnya seperti apa, termasuk menawarkan suatu konsep agar web anda bisa menjadi lebih menarik.

Idealnya, seorang konsultan SEO yang baik harusnya memiliki fasilitas untuk berkomunikasi dengan pelanggan seperti alamat kantor yang jelas, nomor telepon, email, BBM, YM, skype, atau media sosial yang lain. Tidak harus semuanya, tapi setidaknya tidak sulit dihubungi melalui email, telepon, atau chatting. Anda juga tidak akan menemui kesulitan untuk sekedar meminta laporan sejauh mana perkembangan website anda. Yang terpenting adalah juga memiliki website berperingkat baik di mesin pencari dimana tercantum nomor telepon, akun media sosial dan e-mail yang aktif. Meskipun begitu, kemudahan melakukan kontak pun belum bisa memastikan bahwa ia merupakan seorang konsultan SEO yang berkompeten. Sebisa mungkin dapatkan konsultan seo yang berdomisili di daerah anda untuk memudahkan bertemu langsung. Domisili juga patut diperhitungkan, dilihat secara logika sederhana, teknologi informasi khususnya teknologi internet akan jauh lebih berkembang di kota-kota besar dibandingkan dengan kota kecil, meskipun tidak selamanya seperti itu. Dengan demikian konsultan seo di kota besar bisa lebih berkompeten dibandingkan konsultan seo di kota kecil, meski sekali lagi, ini bukanlah sebuah patokan akan tingkat kompetensi dari seorang konsultan seo.

Adalah nilai lebih apabila seorang konsultan seo cukup berani menunjukkan profil pribadinya di web bisnisnya, itu berarti ia serius dalam menjalankan bisnisnya sebagai penyedia jasa SEO. Tampilan website yang profesional dan menarik tentu menjadi tidak menarik lagi kalau website-nya tidak mudah diakses. Jika websitenya sulit diakses, sering down, atau loadingnya sangat lambat dan berat, tentunya ini menjadi sesuatu yang dipertanyakan. Karena orang yang mengerti SEO pastinya memahami bahwa loading website yang berat akan mempengaruhi SEO. Bagaimana mungkin penyedia jasa SEO bisa memberikan kualitas jasa yang baik pada kliennya jika websitenya sendiri mengalami hal-hal diatas??

Seorang konsultan SEO berkompeten dengan ‘jam terbang tinggi’ biasanya pasti membandrol dengan biaya cukup tinggi tapi anda patut jeli melihat apakah ia benar-benar handal dalam bidang jasa SEO, karena misalnya saja salah meriset dalam menentukan kata kunci dan target pasarnya alhasil meskipun website anda sudah bertengger di halaman #1 Google tetap saja tidak mendapatkan order atau tidak terjadi transaksi. Cukup banyak juga yang berpromosi melayani jasa SEO dimana mereka memberikan garansi tampil di halaman #1 Google tetapi pada saat dilakukan pengecekan websitenya dengan kata kunci yang tersedia ternyata sama sekali tidak bisa ditampilkan oleh Google. Hal ini terasa janggal mengingat mereka mengaku melayani jasa SEO dengan menjanjikan garansi tetapi websitenya sendiri tidak bisa ditemukan???

Seorang Konsultan SEO yang profesional juga menaruh portofolio-nya di websitenya. Dari sini terlihat seberapa banyak klien yang telah ia layani dan berapa banyak website yang telah ia tangani.

Bagi anda yang sedang mencari jasa konsultan SEO, jangan pula terpikat harga murah, karena harga terlalu rendah juga perlu diwaspadai untuk menghindari konsultan amatir namun mengaku-aku profesional. Anda harus membandingkan harga umum pasaran. Dan yang gak kalah penting dalam mencari Jasa SEO adalah dapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang profile Jasa SEO tersebut, akan lebih baik lagi jika anda kenal atau ada teman atau saudara yang kenal baik dengan Jasa SEO tersebut.

Penulis adalah salah satu Konsultan SEO Sahabat UMKM yang melayani Jasa Konsultan Internet Marketing, Jasa Konsultan Bisnis Online, Jasa SEO, Jasa Marketing Online dan Pelatihan Internet Marketing & SEO. Info lebih lanjut hubungi : 089653312998 / 0812 8448 8651

0 Komentar